Madrasah Tsanawiyah Negeri 2 Trenggalek Jl. Raya Sugihan - Kampak Kabupaten Trenggalek Jawa Timur 66373

Thursday, January 28, 2016

Beruntung ! Masih Membawa Empat Piala



BERUNTUNG, MASIH MEMBAWA EMPAT PIALA


         Gurat senyum bahagia terpancar pada wajah-wajah personil DEGA (Dewan Penggalang)  yang mewakili Pangkalan Kalimasada Scout MTsN Kampak. Mengapa? Setelah berjuang memeras otak dan tenaga selama satu hari penuh dalam ajang kompetisi kepramukaan yang diselenggarakan oleh Dewan Ambalan Bajol Putih SMKN 2 Trenggalek, akhirnya tim DEGA MTsN Kampak mendapatkan empat piala kejuaraan.

Ajang kompetisi  yang dilaksanakan Hari Minggu tanggal 24  Januari 2016 tersebut bertajuk LKP (Lomba Keterampilan Penggalang) sempat membuat  beberapa personil DEGA Kalimasada Scout berkecil hati pasalnya banyak di antara peserta LKP yang sudah berpengalaman. "Yang dikirim dari pangkalan lain kok banyak siswa yang kelas IX?" Ucap salah satu tim. Meskipun demikian, Pembina selalu memberi support agar mereka tetap semangat dan berusaha serta yakin bahwa semua pasti mempunyai peluang untuk meraih juara, yang penting memiliki tekad yang kuat.

LKP yang diawali dengan upacara pembukaan ini tidak hanya mengasah otak peserta dalam bidang kepramukaan tetapi juga bidang lain, seperti orasi, kaligrafi, desain poster, dan kreasi  buah senyum. Salah seorang personil dari MTsN Kampak yang saat ini terpilih sebagai Sekolah Adiwiyata tingkat Kabupaten yang akan menuju tingkat Provinsi ini berorasi dengan tema Cinta Tanah Air. Orasi yang disampaikan oleh Siti Musrifah, siswa kelas VIII A sangat menggugah dan menggemparkan audiens, Dewan Juri pun terpesona karena isi orasi sangat sesuai dan disampaikan dengan gaya yang lumayan ekspresif, menguasai, dan menarik meskipun sedikit kekurangan, menurut seorang Dewan Juri. Jika dilihat dari beberapa kriteria, dia memang pantas untuk mendapatkan juara satu.

Adapun untuk perlombaan yang lain, seperti cerdas cermat, pionnering, dan kaligrafi cukup meraih juara ketiga untuk kategori PA (putra). "Mengingat persaingan yang sangat ketat dan dari pangkalan kita sebagian besar siswa kelas VII dengan hasil yang seperti ini, ya kita mengucapkan syukur Alkhamdulillah", ungkap salah satu Pembina.

Memang, untuk saat ini Pangkalan Kalimasada Scout  belum mampu untuk meraih juara umum tetapi hal tersebut tidak menyurutkan semangat personil DEGA. Bahkan di antara mereka merasa kecewa karena belum mampu memberikan yang terbaik untuk madrasah. "Maafkan kami, kami belum bisa, kami mengecewakan, kami belum mampu untuk mendapatkan juara." Hal tersebut dilontarkan kepada Pembina dengan ekspresi berkaca-kaca didukung muka yang masam usai upacara penutupan dan pembacaan serta penyerahan piala kejuaraan.

Menanggapi ungkapan kekecewaan para anggota DEGA, Pembina menyampaikan ucapan terima kasih dan yang penting tetap semangat. Sebuah kompetisi memang harus berimbas pada kemenangan dan kekalahan. Masih banyak yang  dapat diraih pada kesempatan lain.  Kesuksesan tidak hanya untuk saat ini. 

      Walaupun mendapat empat piala, DEGA Kalimasada Scout disambut senyum bahagia dan ungkapan rasa bangga oleh Bpk Drs. H. Agung Wiyoto, M.MPd. selaku Kamabigus MTsN Kampak. Beliau berpesan kepada tim untuk tetap semangat, kembangkan kreatifitas, bakat, dan potensi agar kelak mampu mengukir prestasi  sesuai bidang dan keahlian masing-masing. Selain itu, Bapak yang bersahaja tersebut mengucapkan terima kasih atas kegigihan anggota DEGA untuk mengharumkan  nama baik madrasah. "Hal tersebut tak luput dari kerja sama semua pihak untuk mewujudkan madrasah yang unggul dan pilihan pertama serta utama masyarakat," Ungkapnya sambil tersenyum di sela-sela pengambilan foto bersama.


Share:

0 komentar:

Halaman Facebook

Total Pageviews

Followers

WELCOME TO THE "GREEN CAMPUS" MTsN 2 TRENGGALEK JAWA TIMUR....MADRASAH ADIWIYATA NASIONAL

"THE GREEN CAMPUS" OF MADTSADUTA

"THE GREEN CAMPUS" OF MADTSADUTA
MADRASAH ADIWIYATA NASIONAL

Info Populer