Madrasah Tsanawiyah Negeri 2 Trenggalek Jl. Raya Sugihan - Kampak Kabupaten Trenggalek Jawa Timur 66373

Saturday, June 11, 2016

MTsN Kampak Lolos Adiwiyata Propinsi Jatim 2016


Madtsaduta News. Syukur alhamdulillah, akhirnya MTs Negeri Kampak menjadi salah satu madrasah yang ditetapkan sebagai madrasah adiwiyata tingkat provinsi tahun 2016. Hal tersebut sesuai dengan pengumuman Hasil Evaluasi Sekolah Adiwiyata Tingkat Dasar dan Menengah Provinsi Jawa Timur tahun 2016 oleh Kepala Badan Lingkungan Hidup Provinsi Jawa Timur nomor 660/6974/207.4/2016 tertanggal 8 Juni 2016.
Bahwa terdapat 150 sekolah/madrasah yang ditetapkan sebagai sekolah adiwiyata dari 378 sekolah yang mengikuti seleksi administrasi, yang akhirnya menjadi 204 sekolah /madrasah yang lolos seleksi administrasi dan siap divisitasi lapangan.
Kriteria penilaian menjadi sekolah adiwiyata tergolong rumit karena mencakup beberapa komponen yang harus terpenuhi, mulai komponen kebijakan berbasis lingkungan, komponen pelaksanaan kurikulum berbasis lingkungan, komponen kegiatan partisipatif, dan komponen pengelolaan sarana prasarana pendukung.
Keberhasilan MTs Negeri Kampak mewujudkan sekolah yang memiliki kepeduliaan terhadap lingkungan bukan karena peran salah satu pihak akan tetapi semua civitas academika ikut berperan aktif dan bahu-membahu saling bekerjasama untuk menjadikan madrasah yang peduli lingkungan.
Sebagai mana motto yang sering disampaikan kepala Madrasah kita bukan sama-sama bekerja tetapi bekerja bersama-sama dalam rangka mewujudkan segala sesuatu untuk mencapai tujuan bersama. Memang, tak dapat dipungkiri, tanpa adanya kerjasama semua pihak segala sesuatu tak akan terwujud.
Kegembiraan tak hanya terpancar dari rona bapak/ibu guru, tetapi siswa/siswi MTs Negeri Kampak juga terlihat bahagia. Betapa tidak, tatkala mendengar kabar gembira tersebut mereka sontak tersenyum merekah. Mereka merasa bangga bahwa para siswa ikut memberikan sumbangsih atas keberhasilan tersebut. Kami Ikut bangga dan senang karena sebentar lagi madrasah kita akan masuk menjadi madrasah adiwiyata tingkat nasional, wow. hebat.
Sebagai satu-satunya madrasah di Kabupaten Trenggalek yang berhasil mewujudkan menjadi madrasah adiwiyata memang patut berbangga hati. Mengapa tidak, tahun 2015 MTs Negeri Kampak ditetapkan sebagai madrasah adiwiyata tingkat kabupaten. Sejak itu, kami langsung berbenah, belajar dari berbagai sekolah, dan menata baik dari segi administrasi maupun kondisi di lapangan. Akhirnya kami mengikuti seleksi administrasi menuju tingkat provinsi. Baru pertama kali mengikuti seleksi langsung lolos. Ungkap salah satu guru.
Seperti disampaikan kepala madrasah bahwa untuk mewujudkan sesuatu yang baik dan bermanfaat bukan sesuatu yang gampang. Apalagi mewujudkan madrasah adiwiyata yang memerlukan sarana pendukung dan finansial yang tidak sedikit, dengan waktu yang termasuk tidak terlalu lama. Hal tersebut pasti karena ridha dan anugerah dari Allah SWT yang harus disyukuri. (ed/ufim).
Share:

0 komentar:

Halaman Facebook

Total Pageviews

Followers

WELCOME TO THE "GREEN CAMPUS" MTsN 2 TRENGGALEK JAWA TIMUR....MADRASAH ADIWIYATA NASIONAL

"THE GREEN CAMPUS" OF MADTSADUTA

"THE GREEN CAMPUS" OF MADTSADUTA
MADRASAH ADIWIYATA NASIONAL

Info Populer